02 Oktober 2008

Tidur

Tidur sangat dibutuhkan untuk kesegaran tubuh. Sayangnya, banyak orang yang kesulitan menikmatinya. Bagaimana agar tidur kita nyenyak?

Kurangnya waktu tidur, bisa menyebabkan kerja kurang maksimal tubuh teradsa lemas. Bila berkelanjutan juga dapat mempengaruhi kesehatan jiwa (psikis), seperti menjadi pemurung, kurang semangat, uring-uringan, dan gampang marah. Waktu tidur yang dibutuhkan orang sebenarnya tidak ada aturan baku. Ada yang bilang, bagi orang dewasa seyogyanya tidur sehari 6 sampai 8 jam sehari. Sebenarnya yang lebih penting adalah bagaimana kualitas tidur itu sendiri. Tidur 3-4 jam tapi pulas, tentu lebih sehat dari pada tidur 10 jam tapi sering terganggu.

Untuk menciptakan tidur yang berkualitas ada beberapa tip yakni : Pertama, ada baiknya niatkan untuk tidur. Bila ada gangguan atau kekhawatiran, atasi beberapa jam sebelum tidur. Kedua, kerjakan hal yang sama setiap menjelang tidur, untuk memberi signal (tanda) pada otak dan sistem syaraf untuk mulai tidur. 'diantaranya membuat tubuh rileks setelah berbaring di tempat tidur, dengan melemaskan otot-otot dari kaki sampai kepala.

Selain itu ada beberapa cara yang dirangkum dari berbagai sumber, agar bisa membantu tidur anda semakin lelap dan nikmat:

1. Mandi air hangat. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur, ungkap paul martin, penulis buku counting sleep.
2. Tidur dan bangun dalam waktu yang sama setiap malam. Para ahli yakin pola ini bila dilakukan teratur bisa menciptakan tidur yang sehat.
3. Minum susu hangat sebelum tidur, karena susu mengandung unsur pendorong kantuk.
4. ciptakan tempat yang menyenangkan untuk tidur. Tidurlah di kamar yang sejuk, bersih, tenang dan gelap atau dengan lampu yang tak terlalu terang.
5. Tidurlah di tempat tidur yang nyaman. Tempat tidur yang terlalu sempit, keras, atau lapuk, dapat menyebabkan sulit tidur.
6. Hubungan seks (bagi yang sudah menikah). Ada bukti ilmiah yang kuat, orgasme mendorong mengeluarkan endorphins (kimia yang dikeluarkan otak) yang bertindak sebagai painkiller (penghilang rasa sakit) efektif. Tentu ini sangat mendorong tidur.
7. Membaca buku. Juga mampu merangsang kantuk.
8. Hindari makan atau minum kopi sebelum tidur.
9. Terapkan pola hidup sehat, dengan menjauhi rokok dan alkohol.
10. Biasakan rutin berolahraga ringan setiap hari, umpamanya jogging, jalan pagi, atau senam ringan di halaman rumah. Tetapi jangan berolahraga persis menjelang tidur.

Bila berbagai saran di atas anda ikuti, bangun pagi akan terasa seperti baru tersadar dari perjalanan wisata. Dengan tubuh yang fresh, tentu kerja semakin giat. Asyik kan.

1 komentar:

kaiZen mengatakan...

hmm..mesti langsung dicoba nih mas linx hehehe termasuk yg insomnia soale
mungkin lain kali bisa dikasih juga tips supaya waktu tidur bisa selalu mimpi indah hehehe

thanks bro buat tipsnya